• Sportsbook Insider

Adu Strategi Pelatih Timnas Indonesia vs Laos di Piala AFF 2020




Piala AFF 2020 akan menampilkan Timnas Indonesia vs Laos pada Minggu (12/12) petang nanti dan akan mengadu strategi masing-masing.


Kita tahu di fase sebelumnya, baik Timnas Indonesia dan Laos memiliki history yang cukup berbeda di laga awal grup B Piala AFF 2020.


Laos telah bermain sebanyak dua kali yaitu melawan Vietnam dan Malaysia namun mereka mengalami kekalahan di kedua laga tersebut. Tertinggal 0-2 dari Vietnam dan 0-4 dari Malaysia.


Pertandingan selanjutnya, Laos akan menghadapi Timnas Indonesia di Bishan Stadium Singapura. Kedua tim akan saling adu strategi dari para pelatihnya.


Di kubu Laos, mereka punya pelatih asal Singapura yaitu V.Selvaraj. Sedangkan Timnas Indonesia dilatih oleh Pelatih kelas dunia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.


V.Selvaraj terbilang baru dalam melatih Laos.Dia sempat melatih Warriors FC sebelum akhirnya terpilih untuk melatih Laos sejak Oktober dan hanya punya waktu dua bulan untuk persiapan berlaga di ajang Piala AFF 2020. Lantas bagaimana perbandingan kedua pelatih Laos dan Timnas Indonesia?


Pelatih Kelas Regional vs Kelas Dunia


Timnas Indonesia memiliki pelatih Shin Tae-yong yang terbilang cukup lama melatih Timnas Indonesia. Dia menukangi Timnas Garuda sejak 2020 dan dipercaya untuk melatih level senior serta level kelompok umur.


Lain Hal dengan V.Selvaraj, Shin Tae-yong lebih diunggulkan di pertandingan kali ini baik itu dari segi jam terbang dan segi strategi.


V.Selvaraj sendiri baru memiliki pengalaman di Asia Tenggara saja dan Laos adalah Tim Nasional pertama yang pernah ia latih. Sedangkan Shin Tae-yong sudah beberapa kali tampil dalam ajang Piala Dunia bersama Timnas Korea Selatan.


Tak cukup sampai disana, Shin Tae-yong pernah mengantarkan klub Korea Selatan, Seongnam Ilhwa menjadi kampiun Liga Champions Asia pada 2009-2010 lalu.


Beda Strategi Formasi


Shin Tae-yong dikenal dengan formasi empat bek nya. Pelatih berusia 51 tahun itu menerapkan strategi tersebut terhadap Timnas Indonesia. Ia sering menggunakan formasi 4-1-4-1 atau 4-3-2-1. Formasi tersebut masuk dengan karakter pemain Indonesia.


Sedangkan di sisi lain, V.Selvaraj memiliki ciri khas formasi tiga bek. dia kerap menggunakan formasi 3-4-3 atau 3-5-2. Formasi tersebut digunakan di dua laga sebelumnya dikala Laos menghadapi Vietnam dan Malaysia. Namun sayang strategi tersebut belum mampu membuahkan hasil yang maksimal bagi Timnas Laos.

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua