• Sportsbook Insider

Piala AFF 2020 : Hasil Pertandingan Indonesia vs Malaysia 4-1




Matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Malaysia telah berakhir dengan kemenangan Timnas Indonesia 4-1. Kedua Tim bertanding di National Stadium, SIngapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.


Kerja keras yang berujung manis untuk Skuad Garuda, karena mereka sempat tertinggal lebih dulu oleh Malaysia setelah Kogileswaran Raj berhasil membobol gawang Indonesia di menit ke-13.


Pembalasan akhirnya dilakukan oleh Timnas Indonesia dengan mencetak empat gol.

Dua gol disumbangkan oleh Irfan Jaya di menit ke-36 dan 43, dua lagi dicetak oleh Pratama Arhan (50') dan Elkan Baggott (82').


Atas kemenangan ini, Indonesia berhak melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020 sekligus menjadi juara Grup B.


Tim Merah Putih mampu mengumpulkan 10 poin dari empat laga yang digelar. tiga kemenangan dan satu imbang saat berhadapan dengan Vietnam.


Kedua Tim memiliki selisih gol yang sama (+9), namun Indonesia lebih unggul di produktivitas gol dengan 13 gol yang tercipta.


Di babak semifinal Piala AFF 2020 nanti, Timnas Indonesia akan dihadapkan dengan Singapura, sedangkan Vietnam akan bertanding dengan Thailand (juara grup A).


Di sisi lain , Malaysia yang berada di peringkat ketiga saat di fase grup B harus pulang dan tidak dapat melanjutkan perjuangan di Piala AFF 2020.


Jalannya Pertandingan


Di awal babak pertama, Indonesia sudah menampilkan permainan agresifnya, di menit ke-2 Pratama Arhan mengancam gawang Malaysia melalui sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti, namun sayang bola masih melebar.


Tempo permainan yang tinggi dari kedua belah tim membuat pertandingan semakin seru. Jualbeli serangan terjadi antara Timnas Indonesia dan Timnas Malaysia.


Hingga menit ke-13 Malaysia mampu mencetak gol pertamanya lewat Kogileswaran Raj yang mendapatkan bola buangan yang tidak sempurna dari Irfan Jaya. Skor 1-0 untuk Malaysia.


Semenit kemudian Indonesia mendapat peluang saat Irfan Jaya melepaskan umpan silang ke Ezra Walian, namun satu bek Malaysia mampu menghadang Walian hingga tidak mampu mencetak gol.


Di Menit ke-23, Witan Sulaeman melepaskan tendangan ke arah gawang Malaysia, namun bola masih terlalu lemah sehingga mudah untuk kiper menangkap bola tersebut.


Jelang 15 menit pertandingan babak pertama berakhir, tempo pertandingan tidak menurun, malah lebih agresif.


Skuad Garuda yang tertinggal satu gol terlihat berupaya mengejar melalui tekanan demi tekanan terhadap Malaysia.


Hingga akhirnya pada menit ke-36, Timnas Indonesia berhasil menyamai kedudukan lewat aksi Irfan Jaya yang mendapatkan umpan tarik dari Witan Sulaeman dan melepaskan tembakan kaki kiri yang tak mampu diselamatkan oleh Khairul Fahmi.


Gol Irfan Jaya tersebut sekaligus menebus kesalahn yang dia buat di menit ke -13 yang mengakibatkan Malaysia mencuri satu gol.


Selang dua menit, Ramai Rumakiek mendapat peluang emas, namun penyelesaian yang kurang cermat membuat bola jauh dari sasaran.


Di menit ke-43, Irfan Jaya Kembali mencetak gol yang kedua dengan memanfaatkan penetrasi dari Pratama Arhan, Irfan lantas tak menyianyiakan kesempatan itu, dengan kaki kanannya dia mencatatkan diri di papan skor. Ingdonesia Unggul 2-1 sekaligus menutup akhir babak pertama.


Di Babak Kedua, Elkan Baggott masuk pertandingan menggantikan Ramai Rumakiek. Dan hany berselang beberap saat, Indonesia menambah keunggulan melalui Pratama Arhan di menit ke-50.


Umpan tarik yang di berikan Irfan Jaya dari sisi kanan lalu dimanfaatkan oleh Pratama Arhan menembakkan bola meluncur keras ke Gawang Khairul Fahmi. Keudukan menjadi 3-1 untuk Indonesia.


Memasuki menit ke-59, Malaysia sempat menjebol gawang Indonesia, namun wasit lebih dulu meniup pluit pelanggaran yang dilakukan oleh Dion Cools terhadap Nadeo Argawinata sehingga bola yang masuk dinyatakan tidak sah.


Jual Beli Serangan terus terjadi namun belum ada yang mampu menambah gol hingga pada menit ke-82 Indonesia mendapatkan peluang sepak pojok yang diteruskan oleh Evan Dimas.


Evan Dimas memberikan umpan sepakan pojok kepada Elkan Baggott dan dengan tubuh semampai nya dia mampu menyudul bola ke dalam gawang Malaysia serta menambah keunggulan Indonesia menjadi 4-1.


Hingga babak kedua berakhir kedua tim tidak ada yang menambah catatan gol dan Indonesia dinyatakan sebagai pemenang dengan skor 4-1 atas Malaysia.

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua